Mengapa kita harus menabung?
14 Agustus 2022 Dilihat: 6744x

Menabung adalah kegiatan menyimpan sebagian atau seluruh uang yang kita miliki. Hal seperti ini sangatlah mudah untuk dilakukan. Tapi, masih saja ada orang yang sulit untuk menabung. Kebanyakan orang yang tidak menabung berpikir bahwa karena karir atau pekerjaan  yang menanjak, akan memiliki uang yang banyak nantinya. Ada juga yang beralasan bahwa hidup itu hanya sekarang, sehingga kegiatan menabung akan sangat sulit dan membatasi keinginan.

Menabung itu memiliki banyak manfaat. Memang tidak akan langsung terasa. Tapi, manfaat itu akan terasa di masa yang akan datang dan disaat kita mendapat musibah yang tidak terduga. Berikut beberapa manfaat yang dapat kita peroleh apabila kita menabung :

1.Kita Menjadi Lebih Hemat
Dengan belajar menabung kita belajar juga untuk menjadi orang yang lebih hemat. Karena dengan menabung kita tentu harus menyisihkan uang kita sehingga uang yang digunakan untuk jajan, makan dan lain-lain sedikit berkurang. Dan tentunya sisa uangnya kita tabung untuk masa yang akan datang.

2. Ketersediaan Uang Disaat Mendesak
Kita tidak pernah mengetahui apa yang akan terjadi di masa yang akan datang, salah satunya ketika jatuh sakit, kecelakaan dan mendapat musibah. Saat itu tentu saja kita membutuhkan uang, uang tabungan ini bisa dipergunakan untuk mengantisipasi keadaan mendadak yang bisa saja datang tiba-tiba.

3. Menghindarkan Dari Hutang
Hutang yang sangat berbahaya dapat kita hindarkan dengan menabung. Dengan menabung disaat kita butuh uang untuk keperluan yang penting kita tidak usah meminjam uang. Dengan menghutang kita juga akan dikenakan bunga dan tentunya dirugikan oleh bunga tersebut. Sebaiknya kita menggunakan uang tabungan jika benar-benar mendesak.

4. Belajar Mengatur Keuangan
Dengan menabung tentu kita harus bisa mengatur keuangan kita. Menabung kalau tidak disertai menejemen keuangan yang baik tentu tidak akan berjalan dengan baik. Kalau saja kita belajar menabung tentu kita juga belajar bagaimana mengatur keuangan kita yang sangat berguna untuk masa depan yang jauh lebih baik.

5. Belajar hidup sederhana
Tentunya dengan belajar menabung kita tidak akan boros. Karena uang yang digunakan untuk hal yang tidak penting akan kita tabung. Dengan menabung kita belajar bagaimana hidup sederhana dengan cara membeli barang-barang yang kita butuhkan saja bukan malah menghamburkan uang dengan percuma.

6. Belajar sabar
Menabung tentu punya tujuan. Jika kita sudah punya tujuan tentu akan lebih bersemangat menabung. Tapi tentunya butuh waktu yang cukup lama untuk sampai ke sana. Oleh karena itu, belajar menabung sama saja dengan belajar sabar. Kita juga akan mengerti apa makna dari “Sedikit demi sedikit lama-lama menjadi bukit.

Share:
copyright @2022 - bankmini.id