Tujuan dan Manfaat Menabung Sejak Usia Dini
03 Agustus 2022 Dilihat: 4501x

Bagaimana Cara Menabung yang Baik dan Benar?
Menabung merupakan hal yang sangat penting untuk dilakukan pada saat ini. Mengapa demikian? Apa tujuan dan manfaat menabung? Sudahkah Anda mulai menabung untuk masa depan anda?

Meningkatnya kebutuhan hidup dari waktu ke waktu membuat Anda harus mempersiapkan dana yang cukup untuk kehidupan di masa yang akan mendatang. Oleh karena itu, Anda harus mulai menabung sedini mungkin agar hasil tabungannya dapat mencukupi kebutuhan di masa depan. Melalui artikel ini,Bank Miniakan memberikan informasi penting seputar tujuan dan manfaat dari menabung yang perlu diketahui. Dengan demikian, kita dapat memahami alasan mengapa menabung itu penting.

Apa Saja Tujuan dan Manfaat Menabung? Berikut ini, ada 5 tujuan dan manfaat dari menabung, yaitu:
1. Memiliki Dana Darurat (Emergency Fund)
Tujuan dan manfaat pertama dari menabung adalah untuk dijadikan sebagai dana darurat. Dana ini dapat digunakan untuk berbagai peristiwa tidak terduga seperti biaya rumah sakit, terkena PHK, dan lain-lainnya. Dengan adanya kemungkinan atas berbagai peristiwa tidak terduga tersebut, maka Anda dituntut untuk siap secara finansial. Maka dari itu, tabungan dapat menjadi dana darurat jika sewaktu-waktu peristiwa tidak terduga tersebut datang menghampiri Anda.

 

2. Mencapai Goal Tertentu
Apakah Anda memiliki goal yang membutuhkan banyak uang untuk mencapainya? Untuk mencapai goal tersebut, Anda tentu saja dapat mengumpulkan uang dengan cara menabung. Goal tersebut dapat berupa dalam berbagai macam bentuk. Contohnya seperti Anda ingin berjalan keliling dunia, membuka bisnis sendiri, membeli rumah, dan lain sebagainya. Jadi, menabung dapat menjadi cara yang tepat bagi Anda untuk mencapai goal tersebut.

 

3. Memenuhi Kebutuhan Di Masa Mendatang
Setiap tahunnya, harga kebutuhan hidup terus meningkat seperti harga sembako, sayur, buah, dan lainnya. Tidak hanya persoalan kebutuhan hidup saja, namun bagi Anda yang ingin membangun sebuah keluarga tentu harus siap dengan biaya sekolah yang terus meningkat juga. Anda dapat membandingkan biaya hidup yang harus dikeluarkan di 10 tahun yang lalu dengan saat ini. Bagaimana? Peningkatan biaya hidupnya dapat terlihat secara signifikan, bukan? Lalu, seberapa tinggi biaya hidup yang harus dikeluarkan di 10 tahun yang akan mendatang? Cara untuk dapat memenuhi kebutuhan di masa mendatang adalah dengan menabung. Sebisa mungkin Anda perlu menabung sejak dini agar hasilnya dapat benar-benar mencukupi kebutuhan di masa depan.

 

4. Mencapai Kebebasan Finansial
Para generasi milenial terus mencanangkan istilah kebebasan finansial atau financial freedom. Kebebasan finansial ini berarti Anda sudah tidak perlu mencari pemasukan aktif (bekerja) karena sudah memiliki dana yang cukup. Bukan tidak mungkin bahwa Anda dapat pensiun dini karena sudah mencapai kebebasan finansial. Untuk mencapai kebebasan finansial ini, tentu saja hal pertama yang dapat Anda lakukan adalah menabung. Jika tidak dari menabung, bagaimana Anda dapat memenuhi kebutuhan hidup tanpa bekerja sama sekali, bukan?

 

5. Menghindari Utang
Tujuan dan manfaat terakhir dari menabung adalah untuk menghindari utang. Hampir sebagian besar masyarakat yang memiliki utang memberikan pernyataan bahwa sangat sulit untuk keluar dari lilitan utang. Anda tentu ingin terhindar dari lilitan utang tersebut, bukan? Jadi, ini saatnya bagi Anda untuk mulai menabung agar di masa yang akan mendatang, Anda tidak perlu mengajukan pinjaman demi mencukupi kebutuhan sehari-hari ataupun keperluan lainnya.

 

Sekian informasi yang dapat kami sampaikan seputar tujuan dan manfaat menabung sejak usia dini. Apabila Anda sudah siap untuk menabung, silakan hubungi Bank Mini kami. Bank Mini Merupakan Software yang digunakan sekolah-sekolah untuk menghimpun dan melatih siswa siswi menabung di sekolah dengan menggunakan Aplikasi Bank Mini. Proses kerjasama dengan penyedia Aplikasi Bank Mini sangat gampang. Jadi, tunggu apalagi? Ini saatnya bagi Anda untuk mulai menabung dan melatih siswa disekolah anda untuk menabung dan mandiri.

Share:
copyright @2022 - bankmini.id